pembelajaran….


<strongPembelajaran…terkadang kita akan menyadari betapa pentingnya kata ini ketika kita sedang menjalani prosesnya. entah bagaimana hasilnya… tak akan bermakna ketika proses "pembelajaran" ini belum di mulai. berbeda halnya ketika kita berada dalam dinamikanya.. kita tak akan lagi peduli berhasil atau kah gagal, yang kita tahu hanyalah "try" mencoba dan mencoba dalam pembelajarannya..
Atau kita yang hanya sedang mengazamkan niat saja..itu pun belum cukup untuk membuktikan ketangguhan diri kita terhadap suatu nilai dari "pembelajaran". terkadang kita naif..sering berdalih ini dan itu…seolah-seolah IMAN kita tak cukup untuk menopang segala kesulitan yang ada. lalu apa artinya sebuah IMAN jika telah lama kita tanam tak bisa menjadikan kita semakin tangguh???

Atau filosofi "Semakin bertambah usia..ujian pun akan semakin bertambah" bukan lagi menjadi pengingat diri kita..bahwa semakin pohon itu menjulang tinggi, maka badai pun akan terasa kencang.
Sayang sekali jika kita lupa, kemudian terpuruk dan terlempar sendiri dalam khayalan-khayalan semu. Semakin terasing pada persoalan diri, terpenjara oleh bisikan-bisikan halus "I can't do it" sehingga kita kalah oleh diri sendiri..inikah wajah kita??? inikah mental para da'i???
Jujur..aku jengah dengan pribadi seperti ini… yang tak pernah bisa memaknai pembelajaran..dimanakah IMAN itu??? menjadi pondasi kekuatan dalam diri…menjadi cahaya yang menerangi diri dan umat kita sahabat??? Kalau lah pilihan terakhir adalah mundur..maka tak usah lagi iri pada sahabat yang senang dengan perjuangan..tak usah lagi dengki dengan sahabat yang cinta akan jiddiyah..kesungguhan. cukup lah sibuk pada dunia khayalan yang telah diletakkan pada kedua tangan dan jiwa. karena beginilah yang diinginkan dalam ruang mental nya. tak usah lagi diingat bagaimana kisah tentang perjuangan dalam proses..tak perlu diingat dalam memori..karena baginya ini cukup menyakitkan…terjerumus dalam jalan kebenaran…!!!

Jujur…aku bosan dengan keluhan..Seolah-olah tak ada lagi harapan dalam kesulitan..bukankah telah IA katakan pada surat cinta Nya..bahwa dibalik kesulitan akan ada kemudahan..dan bahwa dibalik kesulitan akan ada kemudahan..maka terus lah berjuang… menjadi pribadi yang cinta dengan perjuangan..sehingga akan banyak makna dalam pembelajaran..terlepas apakah kita akan gagal atau berhasil..teruslah mencoba..bismillah..

untuk sahabat yang sedang berjuang..
dan untuk diri..yang sedang belajar menjadi orang tua.. doakan kami sahabat… šŸ˜€

Leave a comment